Bidik Misi Undip 2012

Bidik Misi Undip 2012 – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menyediakan kuota sebesar 500 untuk jalur bidik misi. Dengan demikian, para calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga tidak mampu dapat mendaftar ke Undip tanpa perlu merasa ragu.

Pembantu Rektor I Undip Hertanto Wahyu Subagyo mengungkapkan, tadinya Undip menetapkan kuota sebesar 1.000 untuk beasiswa Bidik Misi. Namun, hal tersebut masih menunggu persetujuan Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Jumlahnya tahun ini ada 500 beasiswa tetapi sebenarnya Undup mengajukan 1.000 usulan beasiswa tetapi masih harus menunggu persetujuan dikti, semoga saja tahun ini jumlahnya bisa meningkat. Para calon mahasiswa bidik misi boleh memilih 43 program studi S-1 yang ada di Undip,” kata Hertanto, Senin (13/2/2012).

Namun, bagi calon mahasiswa yang ingin menempuh jalur ini, harus mengikuti beberapa persyaratan yang telah ditetapkan. “Misalnya, pendapatan kotor gabungan orangtua atau wali maksmial Rp3 juta per bulan, pendapatan kotor gabungan orangtua atau wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp600 ribu per bulan, serta pendidikan orangtua atau wali maksimal S-1 atau D-4,” katanya menjelaskan.

Dia mengatakan, semua penerima beasiswa bidik misi akan dipastikan sesuai dengan target yang ditetapkan. “Semua prosedur penilaian dilakukan secara adil oleh Dikti, tidak ada permainan apapun. Jadi, mereka yang menerima beasiswa dipastikan adalah mereka yang berhak. Maka, jangan mempercayai bila ada yang menawarkan untuk memfasilitasi dan iming-iming masuk ke Undip,” tuturnya.

Sementara Kasubag Layanan Kesejahteraan Mahasiswa dan Alumni Undip Damami menambahkan, jumlah penerima beasiswa bidik misi ini sama dengan kuota pada 2011 sedangkan pada 2010 hanya sebesar 225 penerima beasiswa.

“500 penerima beasiswa 2011 tersebar di Fakultas Ekonomi, Hukum, Ilmu Budaya, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (ISIP), Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Matematika dan IPA (MIPA), Teknik, Peternakan dan Pertanian, Perikanan, Psikologi serta mahasiswa dari Program D-3, ” kata Damami.

Dia menyebutkan, sejauh ini para penerima beasiswa telah menerima hak-hak mereka dengan lancar. “Beasiswa yang diperoleh langsung dipotongkan untuk kepentingan pembayaran SPP dan praktikum, sementara uang saku langsung ditransfer ke rekening penerima beasiswa masing-masing,” ujarnya menerangkan.

Mengenai ketentuan pelamar jalur beasiswa Bidik Misi, Ketua UPT Humas Undip Agus Naryoso menyatakan, haruslah berstatus sebagai mahasiswa Undip yang berhasil lolos melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Undangan maupun Tulis serta Ujian Mandiri. “Khusus untuk jalur SNMPTN jalur Undangan hanya diperuntukan bagi pendaftar angkatan 2012,” kata Agus.

Save

Comments are closed.