Kuliah Online di Unpad

Kuliah Online di Unpad – Menyusul proses registrasi kemahasiswaan yang dilakukan secara online, mulai semeseter ini Universitas Padjajaran (Unpad) turut meresmikan Program Kuliah Online Terintegrasi di lingkungan Unpad.

Hal ini diungkapkan Pembantu Rektor Bidang Akademik Unpad Husein Hernadi Bahti. “Mulai semester ini, mata kuliah yang diberikan di berbagai fakultas akan diberikan secara terintegrasi. Tentu program ini sejalan dengan program besar Unpad, yaitu melaksanakan dan memanfaatkan teknologi informasi. Registrasi online beberapa waktu lalu alhamdulillah telah berhasil, hal berikutnya yang kita lakukan adalah mengadakan kuliah online secara terintegrasi,” kata Husein seperti dikutip dari laman Unpad, Rabu (29/2/2012).

Di Unpad, ada beberapa mata kuliah yang harus dipelajari oleh para mahasiswa dari berbagai Program Studi (prodi) yang berbeda. Dengan demikian, program kuliah online ini bertujuan untuk efisiensi dan meningkatkan kualitas.

Misalnya mata kuliah Pengantar Ilmu Manajemen yang dipelajari oleh mahasiswa dari sejumlah program studi. Untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas, maka Unpad melibatkan dosen yang mempelajari bidang tersebut sebagai bidang utama dan masing-masing Prodi menyesuaikan dengan bidang ilmu mereka.

“Ini akan terus dikembangkan. Tujuan akhirnya tentu kita ingin menciptakan lulusan yang berkualitas di semua strata dan program studi,” ujarnya.

Senada dengan Husein, Ketua e-Learning Unpad Jenny Ratna Suminar mengatakan, terdapat beberapa mata kuliah yang bersinggungan di Unpad. Dengan demikian, integrasi perlu dilakukan agar kegiatan perkuliahan lebih efisien.

“Selain itu, kuliah onlne juga membuat belajar menjadi mudah dan menyenangkan, walaupun kuliah tatap muka masih perlu untuk dilakukan,” tutur Jenny.

Sementara tim konten e-Learning Unpad Santosa Yudha Siswanto mengungkapkan, para mahasiswa Unpad dapat melaksanakan kuliah online dengan mengakses http://www.elearning.unpad.ac.id/kuliahonline/ atau juga dapat masuk melalui website Unpad http://www.unpad.ac.id/ lalu klik ikon“E-learning” di bagian bawah halaman depan.

“Di sini, para mahasiswa dapat memanfaatkan dan mengunduh sejumlah file yang berkaitan dengan materi perkuliahan, baik itu dalam format teks maupun video,” katanya

Save

Comments are closed.