Penerjermah Inggris Wartawan Asing

Penerjermah Inggris Wartawan Asing – Guido Westerwelle, calon menteri luar negeri Jerman di pemerintahan mendatang, menegur seorang wartawan yang mengajukan pertanyaan berbahasa Inggris.

“Kita sekarang ada di Jerman,” kata Westerwelle menegur wartawan itu.

Pemimpin Partai Demokrat Liberal (FDP) ini menyampaikan jumpa pers pertamanya pada Senin waktu setempat, setelah partainya dipastikan masuk dalam koalisi pemerintahan bersama Kanselir Angela Merkel. Ketika jumpa pers itu, seorang wartawan BBC bertanya apakah dia bersedia merespons pertanyaan dalam Bahasa Inggris.

“Tolong anda mengerti, ini adalah konferensi pers di Jerman,” balas Westerwelle dalam Bahasa Jerman, dikutip dari Reuters, Rabu (30/9/2009).

Reporter itu kemudian meminta Westerwelle untuk merespons dalam Bahasa Jerman atas pertanyaan yang diajukan dalam Bahasa Inggris.

“Di Inggris Raya, orang-orang diharapkan berbicara Inggris. Hal itu sama di Jerman, orang-orang diminta berbicara Bahasa Jerman,” jawab Westerwelle.

Dengan menggunakan penerjemah Inggris dan Jerman, wartawan dari media Inggris itu pun bertanya mengenai bagaimana perubahan kebijakan luar negeri dengan Westerwelle sebagai menterinya.

Namun Westerwelle menghindari pertanyaan itu, sebelum berkata, “Sudah jelas, saya senang bertemu anda untuk meminum teh di luar konferensi pers, lalu kita bisa berbicara hanya dengan Bahasa Inggris. Tapi di sini kita ada di Jerman.

Save

Comments are closed.