Teknologi Canggih Alat Penerjemah

Teknologi Canggih Alat Penerjemah – Perusahaan teknologi canggih asal Jepang NEC memperkenalkan kacamata yang dapat secara otomatis menerjemahkan kata dan frase yang diucapkan dengan menggunakan bahasa asing.

Peralatannya berbentuk sepasang kaca mata namun tanpa lensa. Kacamata ini dilengkapi dengan piranti Tele Scouter memiliki fitur mikrofon dan kamera mini, yang menerjemahkan percakapan bahasa asing. Tele Scouter gunanya sebagai alat untuk memproyeksikan secara cepat terjemahan langsung ke dalam retina pemakai alat itu.

Rekaman audio ini kemudian diteruskan ke komputer kecil yang dikenakan di pinggang, yang mengirimkan informasi ke server. Server kemudian menerjemahkan kata-kata dari pidato ke bentuk teks, dan mengirimkan isi teks itu kembali ke kaca mata penerjemah tanpa melalui kabel, di mana selanjutnya frase diterjemahkan kemudian muncul di layar kecil. Teks dapat dihasilkan secara efektif seperti gambar televisi selama terjadi sebuah percakakan antara dua orang yang menggunakan kacamata.

“Kamu dapat tetap berkomunikasi dengan lancar,” kata Takayuki Omino, kepala pengembangan pasar NEC seperti dikutip Top News, Minggu (8/11),” Produk ini juga dapat digunakan untuk pembicaraan yang melibatkan informasi rahasia, meniadakan kebutuhab penterjemah,” imbuhnya.

Sistem ini dirancang untuk menjadi kompak dan ringan, sehingga dapat nyaman dipakai untuk waktu yang lama dan tidak menggunakan terlalu banyak daya baterai..

Tele Scouter saat ini masih prototipe, meskipun NEC berencana untuk mulai menjual sistem untuk bisnis tahun depan. Produsen Jepang mengakui kemampuan terjemahan perangkat ini masih terbatas.
NEC membayangkan perangkatnya itu bisa digunakan oleh insinyur dan teknisi untuk melihat buku petunjuk atau manual ketika menginstal dan memperbaiki hardware.

Sebuah sistem Tele Scouter yang mampu mendukung hingga 30 pengguna dijual 750 juta yen (sekitar Rp 78,9 miliar). NEC berharap dapat menjual 1.000 unit sistem ini dalam tiga tahun mendatang.

Save

Comments are closed.